Mengagumi Kerennya Internationales Maritimes Museum Hamburg

Rabu, 13 Juni. Pukul 15.30 Waktu Eropa Tengah di halte Osakaallee. Musim panas sedingin 11 °C. Melintasi jembatan Busanbrücke. Sekitar 11.000 kilometer dari Jakarta. Kami menginjakkan kaki di tempat “jantung maritim Hamburg’s berdetak”.

Herzlich wilkommen di Internationales Maritimes Museum Hamburg (IMMH), tamu istimewa pertama di Minutes4Bahari.

M4B IMMH#6
Tiket dan brosur untuk Anda, Bu!

IMMH adalah “gudang” sejarah kelautan dunia. Bila Anda pernah mengunjuangi Musuem Bahari, Jakarta atau sekadar menyukai laut, Anda akan berpendapat bahwa IMMH keren juga.

Di luar kebiasaan, Anda sedang membaca pos berbahasa Indonesia di blog Minutes4Bahari ini. Biasanya, Minutes4Bahari menggunakan bahasa Inggris agar pembaca berbahasa Inggris tahu tentang dan tertarik pada kehidupan maritim di Indonesia.

Tetapi, sekarang ada “tamu istimewa” dari luar Indonesia. Saya harap, pembaca berbahasa Indonesia juga tahu tentang dan tertarik pada IMMH.

😀

M4B IMMH#7
Tiba di depan IMMH! Foto oleh Ignatia Sukmawardhani dan saya.

 

Sebelum mulai mengeksplorasi museum, kami diminta meninggalkan ransel di loker yang memerlukan koin €2. Kami mulai dari dek 7, naik dengan elevator, lalu turun dengan tangga, dek demi dek. IMMH memiliki 9 dek dengan tema kelautan masing-masing.

Dek 7 bertemakan “Eksplorasi Kelautan”. Melihat spesimen satwa bawah laut yang asing, saya merasa tertarik sekaligus tercekam. Di sudut lain, Anda bisa menonton video penjelajahan bawah laut. Ada pula baju selam yang mungkin mengingatkan Anda pada penggambaran dalam buku Tintin – Harta Karun Rackham Merah.

M4B IMMH#8
Simulator kemudi kapal dan periskop ada di dek 1. Kapal layar berukuran besar ini bergantung di foyer. Foto oleh Ignatia Sukmawardhani dan saya.

Di dek 6 yang bertemakan “Kapal Modern”, kami mengamati reka ulang ruang makan sebuah kapal pesiar. Meja makan diisi dengan alat makan mewah, ditemani sebuah piano. Dek 6 juga memamerkan aneka poster tua yang mengiklankan perjalanan kapal pesiar, baik ke Eropa, Amerika, maupun Asia.

Dek 5 bertema “Perang dan Damai”. Dek ini mempertunjukkan perkembangan kapal selam perang Jerman, baik dari Perang Dunia I maupun II. Kemajuan teknologi kapal selam melahirkan senjata mematikan.

M4B IMMH#9
Kapal selam kelabu -bukan kuning (seperti dalam lagu The Beatles). 😀

Di seberang model kapal selam, torpedo bermassa 1.504 kilogram, yakni DM2A1 Seal, bertakhta. DM2A1 Seal dilengkapi kepala pencari akustik dan mampu mencapai jarak 29 kilometer.

DM2A1 Seal dirancang dan dioperasikan kira-kira pada tahun 1970 oleh Angkatan Laut Jerman (Deutsche Marine). Nama DM2A1 memiliki kepanjangan:
– DM berarti Deutsche Muster, atau ‘model Jerman’
– 2 berarti ‘torpedo laut’
– A1 berarti ‘pengembangan seri pertama’

M4B IMMH#10
Penjelasan tentang torpedo DM2A1 Seal (kiri). Torpedo itu sendiri tidak berhasil saya potret karena cahaya agak temaram. Model kapal layar dalam kotak kaca (kanan atas). Pemandangan kota Hamburg dari balik jendela IMMH (kanan bawah).

Sepanjang kunjungan ke IMMH, keterampilan bahasa Jerman sangat bermanfaat untuk memahami penjelasan tertulis yang mendampingi setiap benda pamer. Untunglah, saya mendapatkan brosur berbahasa Inggris dari tim museum di meja pembelian tiket. Tenang, ada juga panduan audio berbahasa Inggris yang berbiaya €3.50.

Nah, sekarang bagaimana Anda mencapai IMMH jika Anda sudah tiba di kota Hamburg?

Kami datang dari Elbphilharmonie. Jadi, kami tinggal naik bus nomor 111 dari halte Am Kaiserkai (Elbphilharmonie). Setelah 5 perhentian dari situ, turunlah di halte Osakaallee.

Jika Anda ingin naik kereta, gunakan jaringan kereta bawah tanah dalam kota (untergrundbahn) dan turunlah di stasiun Überseequartier. Jangan merasa berat untuk berjalan sedikit. Pemandangan di sekeliling sangat baik dinikmati.

IMMH beroperasi setiap Senin hinggai Minggu pukul 10.00-18.00 Waktu Eropa Tengah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s